RPP DARING SEMSETER GANJIL 2021-2022
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DARING
Sekolah : SMK Negeri 1 Karawang
Mata
Pelajaran : Penerapan Rangkaian
Elektronika
Kelas/
Semester : IX/ Ganjil
Jurusan :
Teknik Elektronika Industri
Materi
Pokok : FET
dan MOSFET sebagai Penguat Daya
Alokasi
Waktu : 12 JP (@ 45 menit)
Surel : ayungsuryana@smkn1karawang.sch.id
|
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
|
1.
Peserta didik wajib mengabsen terlebih dahulu untuk
mengetahui
kehadirannya dalam kelas online lewat e-ling
smkn1karawang.sch.id masing-
masing kelas. 2.
Memberikan akun masing-masing agar peserta didik bergabung melalui video
conference. 3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran, motivasi, apersepsi dan
langkah-langkah pembelajaran dengan materi
FET dan
MOSFET sebagai Penguat Daya . 4.
Sebelum peserta didik memulai pembelajaran secara online agar
menyiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses
pembelajaran
secara online agar kompetensi yang diharapkan
tercapai dengan baik. |
|
|
Kegiatan Inti (90 Menit) |
|
|
Literacy Activities |
Peserta didik dimotivasi dan diberikan panduan untuk
melihat, mengamati serta
membaca materi yang dipersiapkan
serta diberi tayangan Power Point sebagai bahan dalam pembelajaran online tentang materi
FET dan MOSFET sebagai Penguat
Daya. |
|
Critical Thinking |
Guru sebagai fasilitator
memberikan kesempatan
peserta didik untuk mengidentifikasi hal yang belum dipahami dengan mengajukan pertanyaan
konseptual
deskriptif atau
pertanyaan yang bersifat hipotetik dan tetap mengacu pada materi
yang diajarkan agar peserta didik dapat
memahaminya dengan baik. |
|
Collaboration |
Guru sebagai fasilitator
memberikan kesempatan
peserta didik untuk diskusi antara sesama dan mengumpulkan
informasi dan saling bertukar informasi mengenai materi
terkait. |
|
Communication |
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi secara online
dengan cara tanya jawab
tentang
materi yang diajarkan. |
|
Creativity |
Guru sebagai
fasilitator
membuat
kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait materi. Peserta
didik online
diberi
kesempatan untuk
bertanya hal-hal yang belum dipahami. |
|
Kegiatan Penutup (30 Menit) |
|
|
Guru melakukan
penilaian tentang materi FET dan MOSFET sebagai Penguat Daya untuk mengukur
pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan melalui
assignment dalam aplikasi e-ling smkn1karawang.sch.id |
|
|
KD 3.1/4.1 |
|
3.1. Menerapkan
komponen FET dan MOSFET sebagai penguat daya 4.1. Membuat rangkaian dengan
menggunakan FET dan MOSFET sebagai penguat daya |
|
IPK |
|
Kognitif 3.1.1 Menginterpretasikan karakteristik FET, MOSFET 3.1.2 Mengklasifikasikan FET,MOSFET sbg penguat daya Psikomotor 4.1.1 Merumuskan data karakteristik
FET, MOSFET untuk penguat daya 4.1.2 Melakukan pengukuran FET,MOSFET sbg penguat daya. |
|
Penilaian |
|
1. Penilaian Pengetahuan Kognitif: - Tes PG/Uraian selesai KBM Online - Online e-ling smkn1karawang.sch.id 2. Penilaian Psikomotor : - Penilaian video praktik - Pelaporan Hasil
via
e-ling
smkn1 karawang.sch.id 3. Penilaian Afektif : - Pengamatan Sikap (Interaktif selama KBM
Online) |
|
Media, Alat/Bahan dan Sumber Belajar |
|
Media : Absen
Online, Lembar Kerja Siswa,
Lembar
Penilaian. Alat/Bahan : ATK dan Laptop/Smartphone Sumber
Belajar : Buku Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas
XI, Modul dan Internet |
|
Penilaian Hasil Belajar (Lampiran) |
|
Instrumen Penilaian Kognitif dan Penilaian Psikomotor |
Komentar