RPP Sistem Pengendali Elektronika Gambar Blok Diagram
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
IDENTITAS PROGRAM
PENDIDIKAN
Nama Sekolah : SMK NEGERI 1 KARAWANG
Mata
Pelajaran : Sistem
Pengendali Elektronik
Komp. Keahlian : Teknik
Elektronika Industri
Kelas/Semester : XI ( sebelas)
/ Semester 3
Tahun Pelajaran : 2018
/ 2019
Alokasi
Waktu : 10
JP x 45 Menit (1 Pertemuan)
Pertemuan
Ke : 1
B.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
1.
Kompetensi Inti
a.
Pengetahuan
KI.3 : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Pemesinan pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian
dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
b.
Keterampilan
KI.4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Pemesinan.
Menampilkan kinerja
di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
2.
Kompetensi Dasar
a.
KD pada KI Pengetahuan
3.1.
Menerapkan
Lingkup Teknik kontrol berdasakan gambar blok diagram
b.
KD pada KI Keterampilan
4.1.
Membuat
gambar blok diagram teknik kontrol terbuka (open loop) dan kontrol tertutup
(close loop)
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Indikator KD pada KI
pengetahuan
3.1.1
Menganalisis (C4) gambar blok jenis system kontrol
3.1.2
Mengklasifikasikan
(C3)
system kontrol
2.
Indikator KD pada KI
keterampilan
4.1.1
Menggambar (P2) blok diagram jenis-jenis system kontrol
4.1.2
Mensimulasikan (P2) jenis-jenis system kontrol dengan software
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
3.1.1
Setelah
menggali informasi melalui video yang ditayangkan, peserta didik mampu Menganalisis (C4) gambar blok jenis system kontrol secara mandiri.
3.1.2
Melalui
diskusi dan pengamatan Peserta didik mampu Mengklasifikasikan (C3) system kontro secara kerjasama dan kreatif.
4.1.1.
Disajikan
gambar bentuk dan symbol, peserta didik mampu Menggambar (P2) blok
diagram jenis-jenis system kontrol secara kreatif
4.1.2.
Diberikan jobsheet (lembar kerja),
Peserta Didik mampu Mensimulasikan (P2) jenis-jenis system kontrol dengan software
secara mandiri.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
SYSTEM KONTROL
F.
PENDEKATAN, STRATEGI DAN MODEL
Pendekatan :
Saintifik
Strategi/Metode :
diskusi, penggalian informasi, motivasi dan penguatan
Model : Discovery Learning
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1)
Mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
2)
Membaca doa sebelum memulai pembelajaran
3)
Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari
dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari.
4)
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya bagi kehidupan.
5)
Menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan.
6)
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
15 Menit
|
|
Inti
|
1)
Pemberian
stimulus terhadap Peserta Didik. (Mengamati)
Peserta
Didik mengamati teks dialog yang di tayangkan guru tentang Menganalisis, Mengkalsifikasikan, Menggambar dan Mensimulasikan system
kontrol dengan Disiplin dan Rasa Ingin Tahu
2)
Identifikasi masalah ( Menanya)
Peserta
Didik bertanya jawab untuk Menganalisis,
Mengkalsifikasikan, Menggambar dan Mensimulasikan system kontrol dengan Toleransi dan Mandiri
3)
Pengumpulan
data (Mengumpulkan informasi)
Peserta
Didik diberikan projectboard, alat
dan bahan serta jobsheet untuk Menganalisis, Mengkalsifikasikan, Menggambar
dan Mensimulasikan system kontrol dengan tanggung
jawab dan kreatif
4)
Pembuktian ( Mengasosiasi)
Peserta Didik membuktikan
hasil Menganalisis,
Mengkalsifikasikan, Menggambar dan Mensimulasikan system kontrol dengan tanggung jawab dan disiplin.
5)
Menarik Kesimpulan
(Mengkomunikasikan)
Membuat laporan dan mempresentasikan hasil Menganalisis, Mengkalsifikasikan, Menggambar dan Mensimulasikan system
kontrol dengan tanggung jawab
|
420 Menit
|
|
Penutup
|
1)
Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2)
Refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
3)
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
4)
Mengkonfirmasi nilai karakter yang muncul
dalam proses pembelajaraan
5)
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
15 Menit
|
H. ALAT/BAHAN DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
Alat :
Infokus, Laptop, Audio, Project Board, Multitester, Power Supply
Bahan : Materi Power
Point, Komponen Praktek, Tayangan Video
Media
Pembelajaran : Buku Modul, Internet,
Jobsheet, dll
I. SUMBER BELAJAR
1)
Buku Modul
2)
Handout
3)
Internet
J. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian sikap : Penilaian tidak langsung
(indirect) untuk penguatan Karakter (melalui observasi)
b.
Penilaian Pengetahuan : Test Tulis Pilihan Ganda dan Uraian
c.
Penilaian keterampilan : Demonstrasi dan Presentasi
2.
Instrumen Penilaian
1) Penilaian Ranah Sikap
2) Penilaian Ranah Pengetahuan
3) Penilaian Ranah
Keterampilan
K.
TUGAS
1.
Tugas Terstuktur : Peserta Didik membuat tugas laporan praktik
dikumpulkan di akhir pembelajaran
2.
Tugas Mandiri : Peserta Didik membuat makalah di
kumpulkan sesuai kesepakatan guru dan Peserta Didik
L.
PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1)
PROGRAM REMEDIAL
1.
Remedial
Klasikal, dilakukan apabila hasil ulangan 60 % Peserta Didik atau lebih
nilainya dibawah KKM, dengan teknis sebagai berikut :
a.
Diberikan
pembelajaran ulang dengan metode dan
media yang berbeda
b.
Belajar
Kelompok dengan bimbingan tutor sebaya.
c.
Mengikuti
ulangan remedial dengan soal yang sama atau sejenis
2.
Remedial
Individual, dilakukan apabila hasil ulangan 40%
nilainya dibawah KKM, dengan teknis sebagai berikut :
a.
Diberikan
pembelajaran mandiri dengan bimbingan khusus per kelompok
b.
Belajar
Kelompok dengan bimbingan tutor sebaya.
c.
Pemberian
tugas/latihan individu
d.
Mengikuti
ulangan remedial dengan soal yang sama atau sejenis
2)
PROGRAM PENGAYAAN
1.
Pengayaan
Kelompok, dilakukan apabila dengan teknis sebagai berikut :
a.
Dibentuk 3
Kelompok besar, Kelompok A Peserta Didik yang lulus dengan nilai diatas 81,
Kelompok B, Peserta Didik yang lulus dengan nilai 75 sd 80 dan Kelompok C Peserta
Didik yang tidak lulus atau yang memiliki nilai di bawah KKM
b.
Jika
Kelompok B berjumlah 45 % atau lebih, di bagi beberapa kolompok belajar mandiri
c.
Pemberian
tugas/latihan kelompok
d.
Pemberian
Kriteria Penilaian Tambahan, maximal 5 Point per 1 KD
2.
Pengayaan
Individual, dilakukan apabila hasil ulangan 44 % ke bawah yang nilainya diatas KKM, dengan
teknis sebagai berikut :
a.
Kelompok B yang
berjumlah 44% atau kurang di bagi kelompok kecil atau individual belajar
mandiri
b.
Pemberian
tugas/latihan individu
c.
Pemberian
Nilai sesuai dengan kriteria penambahan nilai pengayaan, maximal 5 Point per 1
KD
|
Mengetahui,
|
|
Karawang, Juni 2018
|
|
Kepala SMKN 1 Karawang
|
|
Guru Bidang Studi
|
|
|
|
|
|
Drs. Agus Rukmawan,
S.IP, MM.
|
|
Ayung Suryana,
S.Pd.
|
|
NIP. 19611111
198603 1 008
|
|
NIP. -
|
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Nama Sekolah :
SMK NEGERI 1 KARAWANG
Mata Pelajaran : Sistem
Pengendali Elektronik
Komp. Keahlian : Teknik
Elektronika Industri
Kelas/Semester : XI
( sebelas)
/ Semester 3
Materi Pokok : Blok diagram sistem kontrol
Pertemuan Ke : 18 – 19
a.
Tabel Penilaian Sikap
|
No.
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Nilai
Akhir
|
||||
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggunag jawab
|
Toleransi
|
Kreatif
|
|||
|
1
|
|
||||||
|
2
|
|
||||||
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Skor Penilaian Sikap
|
Skor
|
Predikat
|
|
1
|
Sangat
Kurang
|
|
2
|
Kurang
|
|
3
|
Cukup
|
|
4
|
Baik
|
|
5
|
Amat
Baik
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Jawablah pertanyaan dibawah
ini dengan tepat!
1.
Jelaskan yang dimaksud
dengan Blok diagram sistem
kontrol!
2.
Jelaskan fungsi Blok diagram sistem
kontrol pada rangkaian aplikasi elektronika!
3.
Sebutkan jenis-jenis Blok diagram sistem
kontrol!
4.
Sebutkan komponen yang
berfungsi sebagai Blok diagram sistem kontrol!
5.
Gambakan skema rangkaian
yang menggunakan komponen Blok diagram sistem kontrol!
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
a.
Tabel Penilaian Keterampilan
|
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Aspek yang di nilai
a.
Keselamatan
Kerja
b.
Ketepatan
langkah kerja
c.
Keterampilan
menunjukan
komponen-komponen Blok diagram sistem kontrol
d.
Keterampilan
menjelaskan
fungsi komponen Blok diagram sistem kontrol
e.
Keterampilan
membereskan dan membersihkan alat dan bahan
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1
s/d 5.
Penafsiran angka : 0
=0, 1=20, 2=40, 3=60, 4=80, 5=100
Komentar