RPP MENGANALISIS RANGKAIAN SENSOR AYUNG SURYANA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
AKSI 1
Ayung Suryana, S.Pd.
201699807141
SMKN
1 Karawang
PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
TAHUN 2022
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A.
IDENTITAS PROGRAM PENDIDIKAN
Nama Sekolah : SMK NEGERI 1 KARAWANG
Mata
Pelajaran : Penerapan
Rangkaian Elektronika
Komp. Keahlian : Teknik Elektronika
Industri
Kelas/Semester : XI ( sebelas) /
Semester 3
Tahun Pelajaran : 2022 / 2023
Alokasi
Waktu : 12 JP x 45 Menit
Pertemuan
Ke : 2-3
B.
KOMPETENSI INTI
KI. 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI. 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
KI.3 Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Teknik Pemesinan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI.4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kerja Teknik
Pemesinan.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif,
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
C.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
|
1 |
3.2
Menganalisis kerja sensor pada rangkaian elektronika |
3.2.1
Mengelompokkan berbagai jenis sensor sesuai fungsi |
|
3.2.2
Merencanakan rangkaian sensor sesuai fungsi dan kegunaannya |
||
|
2 |
4.2 Menguji komponen sensor
pada
rangkaian elektronika |
4.2.1 Mendemonstrasikan komponen sensor
pada
rangkaian elektronika |
|
4.2.2 Membuat skema
rangkaian komponen sensor pada rangakaian elektronika |
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
3.2.1
Setelah menggali informasi melalui
video yang ditayangkan, peserta didik mampu mengelompokan berbagai jenis sensor sesuai fungsi
secara
mandiri.
3.2.2
Melalui diskusi dan pengamatan Peserta
didik mampu merencanakan rangkaian
sensor sesuai fungsi dan kegunaannya secara kerjasama
dan kreatif.
4.2.1.
Disajikan
gambar bentuk dan symbol, peserta didik mampu mendemosntrasikan berbagai komponen sensor pada rangakaian elektronika dengan kreatif
4.2.2.
Diberikan jobsheet (lembar kerja),
Peserta Didik mampu membuat skema rangkaian komponen sensor pada
rangakaian elektronika secara
mandiri.
E.
MATERI PEMBELAJARAN ( Materi Terlampir )
Materi Pokok :
Sensor
Sub Materi :
1.
Karakteristik
macam-macam komponen sensor pada rangkaian elektronika
2.
Fungsi
dan Aplikasi berbagai sensor pada rangkaian
elektronika.
F.
PENDEKATAN, METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode :
Ceramah, Diskusi dan
Demonstrasi
Model : Problem Based Learning
(PBL)
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
|
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
|
Pendahuluan |
1)
Mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan 2)
Membaca
doa sebelum memulai pembelajaran 3)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang akan dipelajari. 4)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan. 5)
Menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan. 6)
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan |
15 Menit |
|
Inti |
1)
Pemberian
stimulus terhadap Peserta Didik. (Mengamati) Peserta
Didik mengamati teks dialog yang di tayangkan guru tentang mengelompokkan dan
mendemostrasikan komponen sensor pada rangkaian elektronika dengan Disiplin dan Rasa Ingin Tahu 2)
Identifikasi masalah ( Menanya) Peserta
Didik bertanya jawab untuk mengelompokkan dan mendemostrasikan komponen sensor pada rangkaian elektronika dengan Toleransi dan Mandiri 3)
Pengumpulan
data (Mengumpulkan informasi) Peserta
Didik diberikan projectboard, alat
dan bahan serta jobsheet untuk mengelompokkan dan mendemostrasikan komponen sensor pada rangkaian elektronika dengan tanggung
jawab dan kreatif 4)
Pembuktian ( Mengasosiasi) Peserta Didik membuktikan hasil
mengelompokkan dan mendemostrasikan komponen sensor pada rangkaian elektronika dengan tanggung jawab dan disiplin. 5)
Menarik Kesimpulan
(Mengkomunikasikan) Membuat laporan dan mempresentasikan hasil mengelompokkan dan
mendemostrasikan komponen sensor pada rangkaian elektronika dengan tanggung jawab |
240 Menit |
|
Penutup |
1)
Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. 2)
Refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3)
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). 4)
Mengkonfirmasi nilai karakter yang muncul dalam
proses pembelajaraan 5)
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya. |
15 Menit |
Pertemuan Ke-2
|
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
|
Pendahuluan |
1)
Mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan 2)
Membaca
doa sebelum memulai pembelajaran 3)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang akan dipelajari. 4)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan. 5)
Menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan. 6)
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan |
15 Menit |
|
Inti |
1)
Pemberian
stimulus terhadap Peserta Didik. (Mengamati) Peserta
Didik mengamati teks dialog yang di tayangkan guru tentang merencanakan dan membuat komponen sensor pada rangkaian elektronika dengan Disiplin dan Rasa Ingin Tahu 2)
Identifikasi masalah ( Menanya) Peserta
Didik bertanya jawab untuk merencanakan
dan membuat komponen sensor pada rangkaian elektronika dengan Toleransi dan Mandiri 3)
Pengumpulan
data (Mengumpulkan informasi) Peserta
Didik diberikan projectboard, alat
dan bahan serta jobsheet untuk merencanakan dan membuat komponen sensor pada
rangkaian elektronika dengan tanggung jawab dan kreatif 4)
Pembuktian ( Mengasosiasi) Peserta Didik membuktikan hasil
merencanakan dan membuat
komponen sensor pada rangkaian elektronika dengan tanggung jawab dan disiplin. 5)
Menarik Kesimpulan
(Mengkomunikasikan) Membuat laporan dan mempresentasikan hasil merencanakan dan membuat komponen sensor pada rangkaian elektronika
dengan tanggung jawab |
240 Menit |
|
Penutup |
1)
Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. 2)
Refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3)
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). 4)
Mengkonfirmasi nilai karakter yang muncul dalam
proses pembelajaraan 5)
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya. |
15 Menit |
H. ALAT/BAHAN DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
Alat :
Infokus, Laptop, Audio, Project Board, Multitester, Power Supply
Bahan : Materi Power Point,
Komponen Praktek, Tayangan Video
Media Pembelajaran : Buku Modul, Internet, Jobsheet, dll
I. SUMBER BELAJAR
1)
Buku Modul
2)
Handout
3)
Internet
J. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian sikap :
Penilaian tidak langsung (indirect) untuk penguatan Karakter
(melalui observasi)
b.
Penilaian Pengetahuan : Test Tulis Pilihan Ganda dan Uraian
c.
Penilaian keterampilan :
Demonstrasi
dan Presentasi
2.
Instrumen Penilaian
1) Penilaian Ranah Sikap
2) Penilaian Ranah Pengetahuan
3) Penilaian
Ranah Keterampilan
K. TUGAS
1.
Tugas
Terstuktur : Peserta Didik
membuat tugas laporan praktik dikumpulkan di akhir pembelajaran
2.
Tugas
Mandiri : Peserta Didik membuat makalah
di kumpulkan sesuai kesepakatan guru dan Peserta Didik
L.
PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1)
PROGRAM REMEDIAL
1.
Remedial
Klasikal, dilakukan apabila hasil ulangan 60 % Peserta Didik atau lebih
nilainya dibawah KKM, dengan teknis sebagai berikut :
a.
Diberikan
pembelajaran ulang dengan metode dan
media yang berbeda
b.
Belajar
Kelompok dengan bimbingan tutor sebaya.
c.
Mengikuti
ulangan remedial dengan soal yang sama atau sejenis
2.
Remedial
Individual, dilakukan apabila hasil ulangan 40%
nilainya dibawah KKM, dengan teknis sebagai berikut :
a.
Diberikan
pembelajaran mandiri dengan bimbingan khusus per kelompok
b.
Belajar
Kelompok dengan bimbingan tutor sebaya.
c.
Pemberian
tugas/latihan individu
d.
Mengikuti
ulangan remedial dengan soal yang sama atau sejenis
2)
PROGRAM PENGAYAAN
1.
Pengayaan
Kelompok, dilakukan apabila dengan teknis sebagai berikut :
a.
Dibentuk 3
Kelompok besar, Kelompok A Peserta Didik yang lulus dengan nilai diatas 81,
Kelompok B, Peserta Didik yang lulus dengan nilai 75 sd 80 dan Kelompok C Peserta
Didik yang tidak lulus atau yang memiliki nilai di bawah KKM
b.
Jika
Kelompok B berjumlah 45 % atau lebih, di bagi beberapa kolompok belajar mandiri
c.
Pemberian
tugas/latihan kelompok
d.
Pemberian
Kriteria Penilaian Tambahan, maximal 5 Point per 1 KD
2.
Pengayaan
Individual, dilakukan apabila hasil ulangan 44 % ke bawah yang nilainya diatas KKM, dengan
teknis sebagai berikut :
a.
Kelompok B
yang berjumlah 44% atau kurang di bagi kelompok kecil atau individual belajar
mandiri
b.
Pemberian
tugas/latihan individu
c.
Pemberian
Nilai sesuai dengan kriteria penambahan nilai pengayaan, maximal 5 Point per 1
KD
|
Mengetahui, |
|
Karawang, Juni 2022 |
|
Kepala SMKN 1
Karawang |
|
Guru Bidang Studi |
|
|
|
|
|
Drs. Agus Rukmawan, S.IP, MM. |
|
Ayung Suryana, S.Pd. |
|
NIP. 19611111 198603 1 008 |
|
NIP. 19830601
202221 1 007 |
LAMPIRAN
MATERI
SENSOR
A.
Pengertian
Sensor
Sensor adalah perangkat yang
digunakan untuk mendeteksi perubahan besaran fisik seperti tekanan, gaya, besaran
listrik, cahaya, gerakan, kelembaban, suhu, kecepatan dan fenomena-fenomena
lingkungan lainnya. Setelah mengamati terjadinya perubahan, Input yang
terdeteksi tersebut akan dikonversi mejadi Output yang dapat dimengerti oleh
manusia baik melalui perangkat sensor itu sendiri ataupun ditransmisikan secara
elektronik melalui jaringan untuk ditampilkan atau diolah menjadi informasi
yang bermanfaat bagi penggunanya.
Sensor pada dasarnya dapat
digolong sebagai Transduser Input karena dapat mengubah energi fisik seperti
cahaya, tekanan, gerakan, suhu atau energi fisik lainnya menjadi sinyal listrik
ataupun resistansi (yang kemudian dikonversikan lagi ke tegangan atau sinyal
listrik).
B.
Klasifikasi
Jenis-jenis Sensor
Sensor-sensor yang digunakan pada
perangkat elektronik pada dasarnya dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori
utama yaitu :
1.
Sensor Pasif dan Sensor Aktif
2.
Sensor Analog dan Sensor Digital
Berikut ini adalah pembahasan
singkat mengenai kedua klasifikasi sensor tersebut.
1.
Sensor
Pasif dan Sensor Aktif
A. 1.1. Sensor
Pasif (Passive Sensor)
Sensor Pasif adalah jenis sensor yang dapat
menghasilkan sinyal output tanpa memerlukan pasokan listrik dari eksternal.
Contohnya Termokopel (Thermocouple) yang menghasilkan nilai tegangan sesuai
dengan panas atau suhu yang diterimanya.
B. 1.2. Sensor
Aktif (Active Sensor)
Sensor Aktif adalah jenis sensor yang membutuhkan
sumber daya eskternal untuk dapat beroperasi. Sifat fisik Sensor Aktif
bervariasi sehubungan dengan efek eksternal yang diberikannya. Sensor Aktif ini
disebut juga dengan Sensor Pembangkit Otomatis (Self Generating Sensors).
2.
Sensor
Analog dan Sensor Digital
Berikut ini adalah jenis-jenis sensor berdasarkan
sifat Analog atau Digitalnya.
A.
2.1.Sensor
Analog
Sensor Analog adalah sensor yang menghasilkan
sinyal output yang kontinu atau berkelanjutan. Sinyal keluaran kontinu
yang dihasilkan oleh sensor analog ini sebanding dengan pengukuran. Berbagai
parameter Analog ini diantaranya adalah suhu, tegangan, tekanan, pergerakan dan
lain-lainnya. Contoh Sensor Analog ini diantaranya adalah akselerometer
(accelerometer), sensor kecepatan, sensor tekanan, sensor cahaya dan sensor
suhu.
B.
2.2.Sensor Digital
Sensor Digital adalah sensor yang menghasilkan sinyal keluaran diskrit.
Sinyal diskrit akan non-kontinu dengan waktu dan dapat direpresentasikan dalam
“bit”. Sebuah sensor digital biasanya terdiri dari sensor, kabel dan pemancar.
Sinyal yang diukur akan diwakili dalam format digital. Output digital dapat
dalam bentuk Logika 1 atau logika 0 (ON atau OFF). Sinyal fisik yang
diterimanya akan dikonversi menjadi sinyal digital di dalam sensor itu sendiri
tanpa komponen eksternal. Kabel digunakan untuk transmisi jarak jauh. Contoh
Sensor Digital ini diantaranya adalah akselerometer digital (digital
accelerometer), sensor kecepatan digital, sensor tekanan digital, sensor cahaya
digital dan sensor suhu digital.
C.
Jenis-jenis
Sensor
Berikut ini adalah jenis-jenis Sensor berdasarkan
penggunaannya.
1. Akselerometer (Accelerometer)
Sensor Akselerometer adalah
sensor yang mendeteksi perubahan posisi, kecepatan, orientasi, goncangan,
getaran, dan kemiringan dengan gerakan indra. Akselerometer analog ini dapat
digolongkan lagi menjadi beberapa yang berbeda berdasarkan variasi konfigurasi
dan sensitivitas. Berdasarkan pada sinyal keluaran, Akselerometer analog
menghasilkan tegangan variabel konstan berdasarkan jumlah percepatan yang
diterapkan pada Akselerometer. Selain Akselerometer Analog, Akselerometer ini
juga digital.
2. Sensor Cahaya (Light Sensor)
Sensor Cahaya atau Light Sensor
adalah Sensor analog yang digunakan untuk mendeteksi jumlah cahaya yang
mengenai Sensor tersebut. Sensor cahaya analog ini dapat diklasifikasikan lagi
menjadi beberapa jenis seperti foto-resistor, Cadmium Sulfide (CdS), dan
fotosel.
Light dependent resistor atau LDR
dapat digunakan sebagai sensor cahaya analog yang dapat digunakan untuk
menghidupkan dan mematikan beban secara otomatis berdasarkan intensitas cahaya
yang diterimanya. Resistansi LDR akan meningkat apabila intensitas cahaya
menurun. Sebaliknya, Resistansi LDT akan menurun apabil intensitas cahaya yang
diterimanya bertambah.
3. Sensor Suara (Sound Sensor)
Sensor Suara adalah Sensor analog
yang digunakan untuk merasakan tingkat suara. Sensor suara analog ini
menerjemahkan amplitudo volume akustik suara menjadi tegangan listrik untuk
merasakan tingkat suara. Proses ini memerlukan beberapa sirkuit, dan menggunakan
mikrokontroler bersama dengan Mikrofon untuk menghasilkan sinyal output analog.
4. Sensor Tekanan (Pressure Sensor)
Sensor Tekanan atau Pressure
Sensor adalah Sensor yang digunakan untuk mengukur jumlah tekanan yang
diterapkan pada sebuah sensor. Sensor tekanan akan menghasilkan sinyal keluaran
analog yang sebanding dengan jumlah tekanan yang diberikan. Sensor piezoelektrik
adalah salah satu jenis sensor tekanan yang dapat menghasilkan sinyal tegangan
keluaran yang sebanding dengan tekanan yang diterapkan padanya.
5. Sensor Suhu (Temperature Sensor)
Sensor Suhu atau Temperature
Sensor adalah Sensor tersedia secara luas baik dalam bentuk sensor digital
maupun analog. Ada berbagai jenis sensor suhu yang digunakan untuk aplikasi
yang berbeda.Salah satu Sensor Suhu adalah Termistor, yaitu resistor peka termal
yang digunakan untuk mendeteksi perubahan suhu. Apabila Suhu meningkat,
resistansi listrik dari termistor akan meningkat juga. Sebaliknya, jika suhu
menurun, maka resistansi juga akan menurun.
6. Sensor Ultrasonik (Ultrasonic Sensor)
Sensor Ultrasonik adalah jenis
sensor non-kontak yang dapat digunakan untuk mengukur jarak serta kecepatan
suatu benda. Sensor Ultrasonik bekerja berdasarkan sifat-sifat gelombang suara
dengan frekuensi lebih besar daripada rentang suara manusia. Dengan menggunakan
gelombang suara, Sensor Ultrasonik dapat mengukur jarak suatu objek (mirip
dengan SONAR). Sifat Doppler dari gelombang suara dapat digunakan untuk
mengukur kecepatan suatu objek.
7. Sensor Giroskop (Gyroscope sensor)
Sensor Giroskop adalah sensor
yang digunakan untuk merasakan dan menentukan orientasi dengan bantuan
gravitasi bumi. Perbedaan utama antara Sensor Akselerometer dan Giroskop adalah
bahwa Giroskop dapat merasakan rotasi di mana akselerometer tidak bisa.
8.
Sensor
Efek Hall (Hall Effect Sensor)
Sensor Efek Hall atau Hall Effect Sensor adalah
sensor yang dapat mengubah informasi magnetik menjadi sinyal listrik untuk
pemrosesan rangkaian elektronik selanjutnya. Sensor Efek Hall ini sering
digunakan sebagai sensor untuk mendeteksi kedekatan (proximity), mendeteksi
posisi (positioning), mendeteksi kecepatan (speed), mendeteksi pergerakan arah
(directional) dan mendeteksi arus listrik (current sensing).
9.
Sensor
Kelembaban (Humidity Sensor)
Sensor Kelembaban atau Humidity
Sensor merupakan sensor yang digunakan untuk mendeteksi tingkat kelembaban
suatu lokasi. Pengukuran Tingkat Kelembaban ini sangat penting untuk pengamatan
lingkungan di suatu wilayah, diagnosa medis ataupun di penyimpanan produk-produk
yang sensitif.
10. Sel Beban (Load Cell)
Sel Beban atau Load Cell adalah
jenis sensor yang digunakan untuk mengukur berat. Input dari Load Cell ini
adalah gaya atau tekanan sedangkan outputnya adalah nilai tegangan listrik. Ada
beberapa jenis Load Cell, diantaranya adalah Beam Load Cell, Single Point Load
Cell dan Compression Load Cell.
D.
Aplikasi berbagai sensor pada rangkaian elektronika
1.
Rangkaian Sensor Cahaya
Komponen-komponen yang dibutuhkan:
a. LDR
1 buah
b. Resistor 100k, 1k
@1 buah
c. Transistor BC547 2 buah
d. Battery 9V
1 buah
e. Dioda 1n4002
1 buah
f. Lampu
1 buah
Prinsip Kerja
LDR dan R1 sebagai pembagi tegangan. Saat LDR Tidak
mendapakan cahaya (gelap) maka hambatan pada LDR semakin besar >100k dan R1
kecil maka tidak ada arus yang melewati kaki basis Transistor Q1 dan Transistor
Q2 tidak mengaktifkan relay RL1 (Normally Open).
Saat LDR mendapakan cahaya maka hambatannya menjadi
kecil <100k sehingga arus melewati kaki basis Transistor Q1 dan mengaktifkan
Transistor Q2 yang mengaktifkan relay RL1 dari keadaan Normally Open ke
Normally Close sehingga lampu mendapatkan arus lisrik bolak-balik dari sumber
tegangan AC.
Komponen-komponen yang dibutuhkan:
a. LDR
1 buah
b. Resistor 10k, 1k
@1 buah
c. Transistor BC547 2 buah
d. Battery 9V
1 buah
e. Dioda 1n4002
1 buah
f. Lampu
1 buah
Prinsip
Kerja
LDR dan R1 sebagai pembagi tegangan. Saat LDR mendapakan cahaya maka
hambatannya menjadi kecil <10k dan R1 lebih besar sehingga tidak ada arus
yang melewati kaki basis Transistor Q1 dan Transistor Q2 tidak mengaktifkan
relay RL1 (Normally Open).
Saat LDR tidak mendapatkan cahaya (gelap) maka hambatannya kecil >10k
dan R1 lebih rendah sehingga arus melewati kaki basis Transistor Q1 dan
mengaktifkan Transistor Q2 yang mengaktifkan relay RL1 dari keadaan Normally
Open ke Normally Close sehingga lampu mendapatkan arus lisrik bolak-balik dari
sumber tegangan AC.
2.
Rangkaian Sensor Suhu
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Nama Sekolah : SMK NEGERI 1 KARAWANG
Mata
Pelajaran : Penerapan Rangkaian
Elektronika
Komp. Keahlian : Teknik
Elektronika Industri
Kelas/Semester : XI ( sebelas) /
Semester 3
Materi
Pokok : Sensor Pada
Rangkaian Elektronika
Pertemuan
Ke : 2 - 3
a.
Tabel Penilaian Sikap
|
No. |
Nama |
Aspek
Penilaian |
Nilai Akhir |
||||
|
Jujur |
Disiplin |
Tanggunag jawab |
Toleransi |
Kreatif |
|||
|
1 |
|
||||||
|
2 |
|
||||||
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
17 |
|
|
|
|
|
|
|
|
18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
19 |
|
|
|
|
|
|
|
|
20 |
|
|
|
|
|
|
|
b.
Skor Penilaian Sikap
|
Skor |
Predikat |
|
1 |
Sangat
Kurang |
|
2 |
Kurang |
|
3 |
Cukup |
|
4 |
Baik |
|
5 |
Amat
Baik |
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN
Jawablah pertanyaan dibawah
ini dengan tepat!
3.
Sebutkan Pengertian dari
Sensor !
4.
Sebutkan pengertian dari
Tranduser!
5.
Sebutkan jenis-jenis
Sensor!
6.
Jelaskan cara kerja dari
kom ponen LDR dan Photocell!
7.
Gambarkan
skema rangkaian yang menggunakan komponen sensor!
LEMBAR PENILAIAN
KETERAMPILAN
a.
Tabel Penilaian Keterampilan
|
No |
Nama |
Aspek Penilaian |
Jumlah Skor |
Nilai |
||||
|
a |
b |
c |
d |
e |
||||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Aspek yang di nilai
a.
Keselamatan
Kerja
b.
Ketepatan
langkah kerja
c.
Keterampilan
menunjukan
komponen-komponen sensor
d.
Keterampilan
menjelaskan
fungsi komponen sensor
e.
Keterampilan
membereskan dan membersihkan alat dan bahan
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d
5.
Penafsiran angka : 0 =0, 1=20, 2=40, 3=60, 4=80, 5=100
|
NAMA
SISWA |
JUDUL
PRAKTIK |
NAMA GURU |
|
1. |
MENGUJI
KOMPONEN SENSOR PADA RANGKAIAN ELEKTRONIKA |
|
|
2. |
||
|
3. |
TANGGAL |
|
|
4. |
|
|
|
5. |
A.
TEORI
DASAR
Sensor adalah elemen
yang menghasilkan sinyal yang berhubungan dengan kuantitas yang diamati atau
akan diukur serta memberikan tanggapan terhadap besaran fisik yang akan diukur
atau diamati dengan menghasilkan output suatu sinyal.
Sensor Cahaya adalah
komponen elektronika yang dapat memberikan perubahan besaran elektrik pada saat
terjadi perubahan intensitas cahaya yang diterima oleh sensor cahaya tersebut.
B.
RANGKAIAN
C.
LANGKAH
KERJA
1.
Siapkan komponen sesuai
dengan skema rangkaian di atas
2.
Periksa komponen yang
telah disiapkan dengan meng uji joba setiap komponen
3.
Rakitlah komponen
tersebut sesuai Skema rangkaian pada Project board
4.
Laporkan ke guru bidang
study sebelum dihubungkan pada power supply
5.
Lakukan pengukuran
tegangan dan hambatan pada titik komponen yang telah di tentukan
6.
Catat hasil nya pada
Tabel yang telah di sediakan
D.
HASIL
PRAKTEK
Hasil
Praktek Pengukuran Tegangan dan Kuat Arus Listrik
|
NO |
TITIK
PENGUKURAN |
KONDISI LDR |
HAMBATAN |
TEGANGAN |
ARUS |
KET. |
|
1 |
LDR |
TERANG |
|
|
|
|
|
2 |
LDR |
GELAP |
|
|
|
|
|
2 |
RESISTOR 4 |
TERANG |
|
|
|
|
|
3 |
RESISTOR 4 |
GELAP |
|
|
|
|
|
4 |
TRANSISTOR BE |
TERANG |
|
|
|
|
|
5 |
TRANSISTOR BE |
GELAP |
|
|
|
|
|
6 |
TRANSISTOR BC |
TERANG |
|
|
|
|
|
7 |
TRANSISTOR BC |
GELAP |
|
|
|
|
|
8 |
TRANSISTOR CE |
TERANG |
|
|
|
|
|
9 |
TRANSISTOR CE |
GELAP |
|
|
|
|
E.
PERTANYAAN
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat !
1.
Jelaskan cara kerja dari rangkaian
diatas!
2.
Jelaskan fungsi dan cara kerja dari
semua komponen yang ada di rangkaian!
3.
Buatlah gambar layout dan tata letak
dari rangkaian diatas!
F.
KESIMPULAN
Buatlah hasil kesimpulan dari
praktek yang telah siswa lakukan !
Komentar